Rapat Koordinasi Anggota KPA Kabupaten Kebumen

IMG_3414

Rapat Koordinasi Anggota KPA Kabupaten Kebumen yang diselenggarakan bagian Kesra Kabupaten Kebumen dilaksanakan di Gedung F Sekda Kabupaten Kebumen. Acara dimulai pada pukul 13.30 dipimpin langsung oleh Bapak Asisten Ekbang dan Kesra Sekda Kabupaten Kebumen, dan dihadiri anggota KPA dari beberapa SKPD, LSM, RS dan Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Kebumen. Bapak Bupati selaku Ketua KPA Kabuaten Kebumen belum bisa mengikuti acara rapat dikarenakan ada tugas lain, tetapi beliau memberikan sambutan yang diwakili oleh Bapak Asisten Ekbang dan Kesra Sekda Kab. Kebumen untuk dibacakan pada rapat koordinasi tersebut. Hasil dari rapat koordinasi anggota KPA Kabupaten Kebumen membahas tentang permasalahan HIV-AIDS yang ada di Kabupaten Kebumen.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen hingga Februari 2016 sejumlah 526 kasus atau pada Tahun 2016 telah ditemukan kasus baru sejumlah 33 kasus. Dari data tersebut Ibu Rumah tangga masih menduduki peringkat pertama dengan jumlah 116 kasus. Pada tahun 2016 terdapat Ibu hamil Positif HIV sejumlah 4 orang yang akan melaksanakan proses melahirkan. Dari paparan Penanggulangan AIDS terdapat tantangan yang dihadapi yaitu :

  1. Populasi Kunci (Pekerja Seks, Kelompok Homoseksual, Pengguna Narkoba Suntik, Pelanggan Pekerja Seks, Waria dan Pelanggan Waria) belum berubah perilaku kearah aman dari HIV-AIDS
  2. Kelompok laki-laki belum terlibat aktif dalam Penanggulangan AIDS (kelompok laki-laki cenderung mobile dan rentan untuk tertular HIV)
  3. Masyarakat belum memahami tentang Pentingnya test HIV
  4. Stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV-AIDS (ODHA) masih tinggi

Dari tantangan tersebut, terdapat beberapa rekomendasi dari anggota KPA Kabupaten Kebumen sebagai berikut :

  1. Peningkatan sosialisasi utamanya pada kelompok muda melalui media sosialdengan tema himbauan untuk test dan peduli penanggulangan AIDS. Selain itu optimalisasi penggunaan Ratih TV Kebumen dan Radio In FM sebagai sarana sosialisasi HIV-AIDS secara terjadwal.
  2. Pelatihan kepada Warga Peduli AIDS dengan cara Training of Treaner (TOT) yang akan dilaksanakan oleh Bagian Kesejehteraan rakyat Setda Kabupaten Kebumen.
  3. Peningkatan Operasi penyakit masyarakat didaerah rawan penularan HIV dan hasil dari operasi tersebut akan dilakukan test HIV.
  4. Optimalisasi layanan test HIV dan Penambahan layanan test HIV di Puskesmas
  5. Peningkatan peran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) anggota KPA sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

IMG_3413IMG_3417IMG_3422

Share This Article
Tweet about this on Twitter0Share on Facebook0Share on Google+0Print this page

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *